Resume Jurnal Auditing

Mar 18, 2013

Disusun Oleh:
Barra Mulia A  C1C009088
Fajar Martha Nugraha  C1C009102
Yuka Rahmawan  C1C009103
Luqman Hakim  C1C009108
PERANAN AUDITOR INTENAL DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (STUDI KASUS PADA PT DIRGANTARA INDONESIA).
   
Masalah Penelitian   
  1. auditor internal belum dimaksimalkan oleh perusahaan sehingga fungsi internal audit menjadi tidak jelas dan kurang independen.
  2. auditor internal dianggap kurang penting didalam menunjang kegiatan perusahaan
 Tujuan Penelitian 

Mencari variable apa saja yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor internal sehingga dapat menjadi tolak ukur dalam mengukur pentingnya kegiatan pengendalian internal yang dilakukan oleh auditor internal bagi perusahaan. 


Hasil Penelitian 

Dari hasil Koefisien Determinasi (Kd), auditor dalam menunjang pelaksanaan Good Corporate Governance adalah sebesar 76.03% yang berarti auditor internal memiliki pengaruh yang cukup besar dalam menunjang pelaksanaan GCG

Kesimpulan

Auditor internal memiliki pengaruh yang sangat signifikan didalam proses pengendalian intern perusahaan terutama perusahaan dengan skala besar. Secara garis besar dalam memaksimalkan fungsi dari auditor internal perlu diperhatikan beberapa poin penting seperti Fungsi dan Kedudukan Internal Audit, Independensi, keahlian professional, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pelaksanaan pekerjaan pemeriksaan, pengelolaan departemen pemeriksaan intern, dan Komponen Internal Audit supaya auditor internal dapat berfungsi secara maksimal dan efisien. Auditor internal seharusnya menjadi staf ahli langsung dibawah pemilik perusahaan supaya informasi yang  auditor internal dapatkan setelah melakukan pemeriksaan langsung dilaporkan dan diterima oleh pemilik perusahaan, ini menghindari adanya penyelewengan informasi yang dilakukan oleh pihak lain.


Implikasi bagi Perusahaan

Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai pentingnya posisi auditor internal didalam perusahaan, variabel apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja auditor internal, serta potensi dan kendala yang dimiliki oleh auditor internal sehingga perusahaan dapat menentukan kebijakan yang sesuai untuk memaksimalkan kinerja auditor internal.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.